Modul Pembinaan Nasionalisme dan Karakter Bangsa

Pembinaan Nasionalisme
dan Karakter Bangsa
Dalam era globalisasi, seluruh aspek kehidupan bangsa berubah dan perubahannya sangat cepat seiring dengan perubahan modernisasi teknologi informasi dan kompleksitas kebutuhan manusia.
Era reformasi dalam konteks nasional pengaruhnya sangat terasa seperti perubahan radikal, terasa pula ada penjungkirbalikan nilai-nilai yang telah kita miliki, menjadi porak poranda, Kita bertanya apakah ini demokrasi atau reformasi, bahkan  ini bukan demokrasi, dan bukan reformasi.


Kita merasakan krisis multidimensional melanda kita, di bidang politik, ekonomi, hukum, nilai kesatuan dan keakraban bangsa menjadi longgar, nilai-nilai agama, budaya dan ideologi terasa kurang diperhatikan, terasa pula pembangunan material dan spiritual bangsa tersendat, discontinue, unlinier dan unpredictable.

Bagi kita bangsa yang masih sadar, sabar dan tawakal perlu melaksanakan diagnosis terhadap sikap dan perilaku yang menyimpang dari norma dan moral yang kurang terkendali ini. Perlu dipola terapi yang tepat melalui pendidikan karakter bangsa dan pendekatan nasionalisme. Mari dalam rasa keprihatinan nasional sekarang ini kita bersatu padu agar derita dari segala bencana yang menimpa bangsa Indonesia baik fisik mau pun mental terutama dalam kesulitan himpitan ekonomi.

Langkah dan upaya penyembuhan dari penyimpangan perilaku fisik dan mental psikologis bangsa ini kita mulai dengan pendekatan agama, pendidikan dan kesejahteraan material dan spiritual. Yang utama memerlukan perhatian adalah membangkitkan kesadaran jiwa untuk menggairahkan peran hati nurani Kemudian perbaiki manajemen pendidikan nasional, semua harus sepakat mau dibawa kemana bangsa ini dengan pendidikan, semua berhemat dengan biaya pendidikan. Semua harus jadi pendidik, jadi guru dan sekaligus jadi murid. Inilah revolusi pembelajaran yang inovatif yang dapat mendorong anak didik untuk belajar yang menyenangkan aktif dan produktif.

Dengan demikian diperlukan paradigma baru dalam manajemen pendidikan, mengembangkan interaksi edukatif antara keluarga, sekolah dan masyarakat agar terbina proses pembinaan pendidikan bagi anak didik dalam tanggung jawab bersama.
Paradigma pendidikan masa sekarang yang sangat kita butuhkan adalah keseimbangan antara pembinaan intelek, emosi dan spirit. Seluruh bangsa harus berkehendak untuk mengembalikan suasana persatuan dan kesatuan bangsa yang kondusif dan patriotik, maka sangatlah penting untuk menata kembali pendidikan nasional. Tingkatkan dan kembangkan kembali pendidikan politik bangsa yang patriotis, agamis, ideologis, dan berjiwa kebangsaan.

Untuk Pembinaan Nasionalisme dan Karakter Bangsa ( PNKB )dalam dunia pendidikan telah diterbitkan Modulnya dan dapat anda download di bawah ini :
  1. Panduan Teknis TK
  2. Panduan Teknis SD
  3. Panduan Teknis SMP
  4. Panduan Teknis SMA / SMK
  5. Buku Saku Nasionalisme SD Kelas 1,2,3
  6. Buku Saku Nasionalisme SD Kelas 4,5,6
  7. Buku Saku Nasionalisme SMP
  8. Buku Saku Nasionalisme SMA / SMK
  9. Modul PNKB TK-A
  10. Modul PNKB TK-B
  11. Modul PNKB SD 1
  12. Modul PNKB SD 2
  13. Modul PNKB SD 3
  14. Modul PNKB SD 4
  15. Modul PNKB SD 5
  16. Modul PNKB SD 6
  17. Modul PNKB SMP 7
  18. Modul PNKB SMP 8
  19. Modul PNKB SMP 9
  20. Modul PNKB SMA/SMK 10
  21. Modul PNKB SMA/SMK 11
  22. Modul PNKB SMA/SMK 12

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar